Cara Setel Rantai Yang Tepat

Cara Setel Rantai Yang Tepat
Cara Setel Rantai Yang Tepat

Tentunya soal setel rantai motor sudah ada dipaket service sepeda motor baik yang resmi ataupun bengkel deket rumah..

Namun namanya rantai, pastinya bakal berubah-ubah setelan rantainya untuk beberapa waktu kedepan karena faktor dipakai...

Dan juga, bagi bimo corner menggarap motor sendiri itu lebih "manteb" ketimbang disetellin orang lain..



Kalau dalam hal yang sepele ya mas brooo...

Setidaknya untuk setel rantai bisalah dilakukan sendiri, atau setel stasioner motor...

Nah, untuk yang biasanya dimiliki tipe-tipe motor sport dan bebek. Setel rantai ternyata ada aturan mainnya lho mas brooo...

Dalam sebuah insiden yang membuat bimo corner dimarahin oleh kepala teknisi karena salah setel rantai motor mono shock. Akhirnya bimo corner dapet ilmu dari sana.
Begini arahan dari kepala teknisi saat itu...


"Kamu kudu setel rantai lebih longgar, bahkan lebih baik agak longgar ketimbang terlalu neken".

"Dan pastikan, setel rantai (apapun motornya) dengan menyetel di posisi rantai terkencang bukan terkendor..lalu setel agak longgar kalau mono shock"..

"Tujuannya adalah agar rantai tidak putus saat digunakan"..

Dari obrolan diatas bisa bimo corner simpulkan seperti ini :

1. Setel rantai diposisi paling kencang.

2. Setel rantai mono shock dengan longgar jangan kencang-kencang.

3. Kendorkan kaliper rem cakram belakang (jika rem cakram) biasanya baut 14 atau kendorkan baut rem tromol biasanya baut 12.

4. kendorkan baut as roda.

5. Tekan rantai dengan jari-jari saat akan mengencangkan as roda.

6. Cek ulang kekencangan rantai, dan cari yang paling kencang.

Sekarang sudah sedikit tercerahkan ya mas bro, sama-sama belajar biar lebih baik.

Salam Ngegassss....