Sering kali saya lihat di bengkel
dekat rumah saya selalu ramai dikunjungi baik bocah maupun laki-laki dewasa,
karena penasaran saya pun sengaja melewati bengkel tersebut.
Dan isinya adalah montir yang sedang mensetting
sepeda motor milik bocah, seperti motor drag.
Itu terjadi setiap hari, melakukan settingan motor
yang sama, dan entah kenapa motor tersebut selalu saja dilakukan pen settingan
ulang setiap hari.
Sebenarnya apa perilaku mensetting sepeda motor
setiap hari secara terus menerus itu baik ? atau malah settingan tersebut bisa
merusak sepeda motor itu sendiri ?
Baiklah, di setiap pabrikan sepeda motor di
Indonesia rata-rata meminta konsumennya untuk service di bengkel resmi dalam
kurun waktu 3 bulan sekali atau 3000 Km.
Jika menilik dari data diatas, maka profesor di
pabrikan sepeda motor pastinya sudah meneliti dan memahami apa yang dibutuhkan
sepeda motor, dan kapan itu perlu dilakukan.
Saya pribadi, juga tidak terlalu suka dengan cara
setting motor setiap hari karena bagi saya setting motor itu cukuplah seminggu
sekali atau satu bulan sekali itupun jika dirasa kurang enak.
Alasan yang sering muncul adalah sepeda motor
tersebut kurang enak tarikannya atau kurang maksimal tenaganya.
Sebenarnya setiap sepeda motor itu memiliki suatu
kondisi yang tidak semua sepeda motor juga mengalaminya, walaupun itu satu
jenis motor bahkan satu merek motor yang sama.
Karena bisa saja di pabrik saat pembuatan sepeda
motor ada kesalahan kecil yang terkadang tidak sengaja dibuat karena memang
faktor kurang teliti saja.
Ada juga kesalahan yang dilakukan pemilik sendiri
dalam memakai sepeda motor, kadang ada motor baru yang baru dibuat langsung
diajak kencang dengan alasan waktu di pabrik saja boleh dicoba langsung kencang
kok !!!.
Jawaban saya terhadap perdebatan itu adalah karena
saat percobaan di pabrik, suhu udara, panas dan tentunya lama percobaan tidak
selama saat sepeda motor baru dipakai di jalanan.
Saya pernah menyaksikan sendiri di salah satu pabrik
di Karawang, mereka hanya mencoba paling 1-5 menit saja, dan itupun diruangan
tertutup tanpa terkena paparan matahari dan juga tempatnya terjaga.
Kesalahan setting setiap hari motor bisa
mengakibatkan baut rusak, mur rusak ataupun kondisi penyesuaian kondisi sepeda
motor yang tidak baik.
Setting motor itu wajib dan sangat di anjurkan,
tetapi juga harus menakar kebutuhan dan tidak terlalu sering karena setiap
sepeda motor itu perlu penyesuaian terhadap settingan yang dilakukan.
Ketika sering dilakukan settingan, maka bisa saja
sepeda motor akan mengalami trouble di kemudian hari. Bijaknya sih, orang
Jepang yang buat sepeda motor saja menyarankan 3 bulan sekali dan mereka adalah
profesor di dunia otomotif.
Jadi settinglah motor anda sesuai kebutuhan bukan
hanya karena ingin ikut nimbrung saja.
Salam Otomotif..
Kritik dan saran silahkan bisa hubungi saya secara
langsung, melalui pesan
Terimakasih..