Cara Simpel Merawat Aki Basah Biar Awet

Pemanis Saja Mas Bro

Ada dua jenis aki di sepeda motor konvesional yaitu aki basah dan aki kering (MF=maintenance free).


Lalu apa beda dari dua aki tersebut ?.
Basah & Kering
Jika menjawab aki basah adalah aki yang ada airnya sementara aki kering tidak ada maka jawaban tersebut tidak tepat.

Lalu jawaban yang sebenarnya apa Mas Bro ??.

Jawabannya adalah aki basah harus dengan perawatan sementara MF tanpa perawatan (walaupun tidak sepenuhnya tanpa perawatan).

Tapi kan aki MF tidak ada airnya ?.

Ada salah satu aki kering yang harus diisi air kusus (sudah sepaket ) sebelum digunakan.

Adapun aki MF yang tidak perlu mengisi air terlebih dahulu bukan berarti aki tersebut tanpa air Mas Bro..

Tetap ada air didalamnya (berbentuk gel) dan tidak dapat di tambah lagi.

Itulah alasan kenapa air di dalam aki MF tidak mudah habis karena dibuat menjadi gel.

Saya bakal melanjutkan pembahasan ke aki basah yang mengharuskan pemiliknya merawat aki tersebut agar tidak cepat drop.

Pengalaman pribadi saya menggunakan aki basah sudah empat tahun belum pernah ganti dan masih bisa digunakan.

Semua karena perawatan yang tepat !!!.

Saya bakal membagi pengalaman pribadi saya kepada Mas Bro...

1. Bijaklah menggunakan double starter

Bijak menggunakan double starter adalah cara pertama untuk memperpanjang usia aki basah.

Tapi kan ada motor yang tidak ada kick starter ?.

Kebanyakan tipe sepeda motor yang tidak menggunakan kick starter sudah menggunakan aki MF jadi tidak masalah.

Double starter memang sangat membantu dan itulah fungsi utamanya.

Namun bukan berarti double starter bisa digunakan sesuka hati karena semua ada aturannya.

Lakukan penggunaan double starter jika jarak motor digunakan sudah 10 km, kalau kurang dari 10 km sebaiknya menggunakan kick starter saja.

2. Pantau air di aki

Perbedaan dari aki tipe basah dan kering adalah daya tahan airnya yang sangat berbeda.

Aki basah memiliki daya tahan yang sangat rentan karena sifat dari airnya yang cair.

Sementara aki MF memiliki daya tahan yang lebih lama karena sifat cairnya yang sudah diubah menjadi gel.

Namun jangan khawatir Mas Bro

Jika Mas Bro bisa merawat air aki dengan ketinggian diatas garis "Lower" maka aki Mas Bro bakal lebih awet.

Haruskah pakai air aki ?

Kalau saya sarankan selalu gunakan air aki Mas Bro...

3. Isi daya setelah pengisian air aki

Air aki baru belumlah memiliki daya listrik, sehingga perlu untuk di isi daya listrik.

Silahkan gunakan alat pengisian aki dan tunggu sampai "Full".

Saya tidak punya alatnya ?

Memang jarang untuk perorangan yang memiliki alat untuk cas atau isi daya aki.

Namun saya punya satu cara, dijamin tanpa alat-alat canggih.

Caranya, setelah pengisian air baru aki (lebih garis upper sedikit tidak masalah).

Kemudian nyalakan sepeda motor (kick starter ya !!) Dan gas di rpm menengah (jangan stationer) dengan durasi 10-15 menit.

Nah itulah cara-cara agar aki Mas Bro awet, dan jangan lupa aki memiliki usia normal 6-12 bulan saja.

Satu trik lagi Mas Bro !!! Jangan lupa bersihkan terminal aki (yang buat masang baut aki Mas Bro).

Semoga sedikit pengalaman saya merawat aki bisa membantu Mas Bro untuk menambah usia pakai pada aki basah Mas Bro.

Salam Ngegas...