Pentingkah Setting Motor Setiap Hari ?


Sering kali saya lihat di bengkel dekat rumah saya selalu ramai dikunjungi baik bocah maupun laki-laki dewasa, karena penasaran saya pun sengaja melewati bengkel tersebut.

Dan isinya adalah montir yang sedang mensetting sepeda motor milik bocah, seperti motor drag.


Itu terjadi setiap hari, melakukan settingan motor yang sama, dan entah kenapa motor tersebut selalu saja dilakukan pen settingan ulang setiap hari.

Sebenarnya apa perilaku mensetting sepeda motor setiap hari secara terus menerus itu baik ? atau malah settingan tersebut bisa merusak sepeda motor itu sendiri ?

Baiklah, di setiap pabrikan sepeda motor di Indonesia rata-rata meminta konsumennya untuk service di bengkel resmi dalam kurun waktu 3 bulan sekali atau 3000 Km.

Jika menilik dari data diatas, maka profesor di pabrikan sepeda motor pastinya sudah meneliti dan memahami apa yang dibutuhkan sepeda motor, dan kapan itu perlu dilakukan.

Saya pribadi, juga tidak terlalu suka dengan cara setting motor setiap hari karena bagi saya setting motor itu cukuplah seminggu sekali atau satu bulan sekali itupun jika dirasa kurang enak.

Alasan yang sering muncul adalah sepeda motor tersebut kurang enak tarikannya atau kurang maksimal tenaganya.

Sebenarnya setiap sepeda motor itu memiliki suatu kondisi yang tidak semua sepeda motor juga mengalaminya, walaupun itu satu jenis motor bahkan satu merek motor yang sama.

Karena bisa saja di pabrik saat pembuatan sepeda motor ada kesalahan kecil yang terkadang tidak sengaja dibuat karena memang faktor kurang teliti saja.

Ada juga kesalahan yang dilakukan pemilik sendiri dalam memakai sepeda motor, kadang ada motor baru yang baru dibuat langsung diajak kencang dengan alasan waktu di pabrik saja boleh dicoba langsung kencang kok !!!.

Jawaban saya terhadap perdebatan itu adalah karena saat percobaan di pabrik, suhu udara, panas dan tentunya lama percobaan tidak selama saat sepeda motor baru dipakai di jalanan.

Saya pernah menyaksikan sendiri di salah satu pabrik di Karawang, mereka hanya mencoba paling 1-5 menit saja, dan itupun diruangan tertutup tanpa terkena paparan matahari dan juga tempatnya terjaga.

Kesalahan setting setiap hari motor bisa mengakibatkan baut rusak, mur rusak ataupun kondisi penyesuaian kondisi sepeda motor yang tidak baik.

Setting motor itu wajib dan sangat di anjurkan, tetapi juga harus menakar kebutuhan dan tidak terlalu sering karena setiap sepeda motor itu perlu penyesuaian terhadap settingan yang dilakukan.

Ketika sering dilakukan settingan, maka bisa saja sepeda motor akan mengalami trouble di kemudian hari. Bijaknya sih, orang Jepang yang buat sepeda motor saja menyarankan 3 bulan sekali dan mereka adalah profesor di dunia otomotif.

Jadi settinglah motor anda sesuai kebutuhan bukan hanya karena ingin ikut nimbrung saja.

Salam Otomotif..

Kritik dan saran silahkan bisa hubungi saya secara langsung, melalui pesan

Terimakasih..